ADA APA DENGAN ANGKA 13

15 04 2009

Pernakah kalian memperhatikan, kenapa di hampir semua maskapai penerbangan lokal, tidak ada kursi nomor 13 ? Awalnya aku tak memperhatikan masalah ini, tapi kemarin saat aku melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang dan arah sebaliknya, teman seperjalananku menanyakan hal diatas. Aku pun sempat terheran-heran kenapa dia menanyakan hal itu. Setelah aku perhatikan dan aku flash back kembali, akhirnya akupun sempat memikirkan hal itu. Memang selama aku melakukan perjalan dengan menggunakan transportasi udara dari berbagai macam maskapai, memang tak tercatum angka 13 pada kursi penumpang, selalu saja mereka melompatkannya. Pernah suatu kali aku dan salah satu teman seperjalanan ku duduk terpisah. Dia duduk dinomor 12 dan aku duduk di nomor 14. Kami pikir saat itu kami terpaut satu barisan, tapi ternyata aku duduk tepat dibelakang kursinya. Dan kursi nomor 13 itu tak ada.

 

Temankupun pernah beragument mengenai kejadian ini. Menurut dirinya nomor 13 itu angka sial dan perlu dihindari, makanya setiap orang yang mendapatkan angka tersebut akan tertimpa suatu kesialan. Apa mungkin seperti itu ? Jujur aku tidak percaya dengan pernyataan itu. Masa ada sih angka sial seperti itu. Kalau menurutku bukan karena angka 13nya yang membuat sial, tapi lebih karena perspektif mereka yang mendapatkan angka 13 itu akan terkena sial. Mereka telah mengeset otak kanan mereka bahwa angka itu sial, maka secara tidak sadar akhirnya tingkah laku mereka mewujudkan hal itu. Aku sempat menanyakan hal ini pada sahabatku, yang kebetulan dia seorang psikiater, menurut dirinya Otak merupakan penggerak dari tubuh kita. Jika otak kita memikirkan A maka ia akan memberikan stimulus keseluruh anggota tubuh untuk merealisasikan A itu. Dan akupun pernah membaca satu buku (tapi sayangnya judulnya lupa) kalau kita memikirkan sesuatu maka aura dan lingkungan yang berada disekitar kita akan membantu untuk mewujudkannya. Mengenai hal ini aku pun mengalaminya, dalam pikiran sudah ter set bahwa pekerjaan seorang marketing itu sangatlah sulit, dan anehnya, hingga kini aku belum bisa untuk menjadi seorang marketer sejati. Ada saja hal-hal yang membuat diriku susah untuk mewujudkannya.

 

Kembali ke angka 13, karena rasa penasaranku, kemarin sempat aku tanyakan pada seorang pramugari yang sedang bertugas, tapi jawabanya kurang membuatku puas, dia hanya bilang kemungkinan itu merupakan angka sial. Saat pesawat landing, akupun coba mencari jawaban kepada seseorang yang sedang mengecek kondisi pesawat. Lagi-lagi jawaban yang sama aku dapatkan. Apa memang seperti itu? Mungkin diantara teman-teman ada yang tahu alasannya


Aksi

Information

24 responses

15 04 2009
shofiyah

di luarnegeri hotel no 13 juga ga ada….
.
.
I think its just sugestion
.
.
Ga usah terlalu percaya ntar dibilang syirik lagiiii ^_^

Abindut:
Wah hebat loh vee…. udah keluar negri…
oleh-olehnya mana donk😀

15 04 2009
DIAJENG

emang kenapa mas abi..?angker yach…?🙂

Abindut:
Justru itu mbak… saya belum tau jawaban pastinya…
katanya sih bikin sial😀

16 04 2009
mangkum

Budaya orang barat aja yang kek gitu, 13 angka sial
Toh di Sunda, angka sial itu 12… (gw ga percaya kek ginian lah)
Jadi kocak, di Menara Jamsostek itu ga ada lt 13, yg ada lt 12 sama 12A.
Angka sialnya (12) jadi dobel dong… Hahaha…

Iya mas Abi, otak itu bisa dibohongi.

Abindut:
Wah saya baru tau tung mang….
hik..hik…hik…hik.. kasihan juga yang jadi dapet double😀

16 04 2009
Toto

Zaman dah semakin maju tapi hal-hal kayak gitu masih aja eksis karena budaya. Budaya bangsa kita kan emang lengket banget ma hal-hal berbau mistis gitu…
Semua kembali ke diri kita makin kita percayamaka efeknya juga semakin nyata, gitu juga sebaliknya…^^

Abindut:
Yang berbau mistis itu memang enak mas, beda dengan yang berbau amis, walaupun sama-sama ada kata mis nya😀
Yups setuju tergantung diri kita sendiri…

16 04 2009
maskoko

Saya pernah ngalamin juga , 2 kali dapet no kursi 13 di kereta api, dan setiap dapet no itu saya selalu terlambat dan ketingglam kerete 🙂

Abindut:
Ha… kok bisa sih..
Ikut prihatin mas… ya mungkin karena suatu kebetulan aja kali bukan karena angka 13 nya…🙂

16 04 2009
l5155st™

padahal dakwah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah adalah 13 tahun… : )

salam kenal maz abindut

abindut:
Makasih mbak udah mampir…
salam kenal kembali…
Ya begitulah, sepertinya mitos itu sudah menjadi budaya😀

17 04 2009
kenuzi50

semua angka sama saja, yang membuat hidup kita hitam atau putih adalah karena perbuatan kita bukan karena angka. siapa menebar angin, akan menuai badai….

abindut:
Betul kang saya setuju banget…
Tapi susah mengubah budaya yang telah mengakar, smoga saya tidak terpengaruhnya…😀

17 04 2009
kenuzi50

bi, untuk urusan maskapai penerbangan tanpa kursi no 13, adalah strategi marketing. karena masyarakat kita masih percaya mitos angka 13 adalah angka sial maka tidak akan laku tuh kursi no 13……….

Abindut:
Oh.. gitu ya kang… kok bisa tau sih… apa akang ini salah satu marketingnya ya …😛

17 04 2009
kenuzi50

contoh lain bi, di komplek perumahanku nomor rumah setelah 11 adalah 12a, 12b lalu 14. kata orang marketingnya, kalau ada angka 13 gak ada yang mau beli tuh rumah…… (kalau aku sih no 13 juga gak apa-apa, asal murah aja harganya… iya gak, bi….???)

Abindut:
Wakakak…
Itu mah semua orang juga ingin kang…. siapa yang enggk suka murah, bagus dan strategis😛
BTW kok kali ini komennya rada-rada bener😛

19 04 2009
Hary4n4

Mas, ini katanya lho ya.. Angka itu merujuk keberadaan manusia dan alam. “Satu”= eksistensi diri. “Tiga”= ikatan Ruang, Waktu dan Gerak. Maksudnya, setiap diri telah diikat oleh ruang, waktu dan gerak. Satu dan Tiga = Empat. Empat adalah unsur pembentuk alam, Angin, Air, Tanah, dan Api. Jadi intinya, kita ini sudah ada dalam lingkup “Angka 13” tersebut. Terikat oleh aturan kodrat yg sudah ditentukan oleh Sang Maha Pencipta. Gitu katanya mas..

Abindut:
Wah mas harry jago nih, mengadakan penelitian hingga sejauh itu…
tapi sayang saya masih belum mengerti dengan penjelasannya😀, maklum ya mas rada oon nih😀

20 04 2009
Andioka

mas, aku sama sekali gak percaya itu {angka 13 bawa sial}, justru itulah angka yang ganjil, bukankah Allah Juga ganjil mas….jadi aku suka angka ganjil termasuk 13…

Abindut:
Terlepas dari alasan mas menyukai angka 13, saya setuju dengan mas, untuk tidak mempercayai angka tersebut, karena menurut hitungan weton enggak bagus… hi…hi…hik..😀
Ngasal.com

21 04 2009
Zizima

di gedung tempatku kerja total ada 29 lantai. pertamanya gak teliti juga.. tapi iseng-iseng berhadiah ternyata lantai 3, 4, n 13 gak ada.. hemm… kenapa yah?
waktu baca artikel ini jadi inget ada pengalaman yang serupa yah….

Abindut:
Wah… ternyata punya pengalaman sama ya…
BTW udah ditanya sama yang punya gedung belum mbak ?
O iya mbak saya tahu jawabannya kenapa lantai 13 tidak tertera, bukan nya tuh lantai lagi disewa untuk syuting film, jadi forbidden untuk yang lain, nanti bisa ganggu😀

21 04 2009
Zizima

meski gitu ada baiknya tetep berpikir positif n tetep berdoa sebelum melakukan sesuatu🙂

Abindut:
Terlepas percaya atau tidak dari itu semua, doa sebelum aktivitas itu perlu banget mbak saya setuju dengan itu🙂

21 04 2009
ernalilis

Lhaaaaa… komentnya juga pas 13.. biar gak sial aku tambah ya?

Abindut:
Wakakak… asli mbake yang ini komennya lucu banget… aku sampai ketawa ngakak dikantor dan bosku sampe negor, ketawanya jangan keras-keras.. hik..i.:D

21 04 2009
ernalilis

“Dan akupun pernah membaca satu buku (tapi sayangnya judulnya lupa) kalau kita memikirkan sesuatu maka aura dan lingkungan yang berada disekitar kita akan membantu untuk mewujudkannya.”

Ya aku gak tahu buku yang Abi baca.. tapi aku dikasih mbak Tantimu buku judulnya THE SECRET.. yang intinya seperti itu..

Abindut:
Ya… sepertinya juduknya itu deh… he..he..
BTW ini komen maksa ya mbake, biar enggak sial ya…😀

28 04 2009
upik

Semua kembali ke pribadi masing-masing. Bagiku itu hanya satu mitos saja. Percaya dan pasrahkan kembali pada Allah SWT..
Mie nya masih mas? Kangen ne…😀

Abindut:
Setuju mbak opi… saya enggak setuju dengan hal seperti itu..
Tenang mbak, mie ayamnya masih banyak … hik..hik..hik.. mau berapa porsi ?

4 05 2009
Ikkyu_san

hmmm memang untuk orang Indonesia dan Eropa, angka 13 itu dianggap sebagai angka sial. Mungkin Indonesia mengikuti barat, yang percaya dgn Friday the 13th.

Nah kalau di Jepang tidak akan memakai angka 4, karena dibaca sebagai “shi” yang artinya kematian. Sudah pernah saya bahas di sini:
Apa artinya sebuah Angka

EM

Abindut:
Mungkin juga seperti itu mbak…
Kalau di jepang angka 4 wah, kedengerannya rada menyeramkan nih…

4 05 2009
Ria

Banyak memang yang aneh di dunia Bi…termasuk kepercayaan terhadap angka2 sial…disini semua hotel gak ada yg berlantai 4, dan 13…aneh ya???

Abindut:
hik..hik..hik.. kalau angka 4 gw baru tahu ria, berarti kalau keDuri seperti boleh juga tuh diteliti… Tapi kapan ya kesananya…

10 05 2009
Fariskhi

Iya tuh, angka 4 juga dianggap sial. Banyak mal-mal daerah Jakarta abis lantai 3 ada lantai 3A terus lantai 5. Aneh pisan…

Abindut:
Oh… gitu ya…
wah selama ini saya kurang memperhatikan masalah itu..😀

15 05 2009
Nug

Itu mah “my lucky” number sahabatku. Tanggal ultahku..🙂

Abindut:
Wah… asik berarti bentar lagi nih…
*Siap-siap ah mangkal di rumah mas nug, sambil bawa gerobak somay dan isinya*😀

17 05 2009
ernalilis

Wah.. pengumuman..pengumuman .. Ultah Mas Nug tanggal 13 Agustus..

Kita siap2 yuk …smua bakal ditraktir siomay sama mas Nug..

eh masih lama ya?

Abindut:
wah.. asik, bakal kebanjiran order nih.. he..he..he..

20 05 2009
kupatahu28

klo 13 angka sial… kasian juga ya yang lahirnya tanggal 13 jam 13:13

Abindut:
he..he…he lucu juga kali ya kalau ada yang seperti itu.
Tapi kalau menurut saya sih itu satu hal yang keren dan unik jika seperti apa yang mas bilang…

5 11 2011
berlian

butuh jwaban yg pasti nih .
tp alhmdulilah ak gaperna dpet sial gara2 tu angka😀

6 11 2011
syafira amanda

angka 4 juga tuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: